Wednesday, 21 November 2012

MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT

MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT - Salam buat para netter semuanya BELAJAR ISLAMI, di dalam tulisan ini atau artikel yang anda baca dengan postingan MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT, tim sudah berusaha menyajikan berita atau artikel ini untuk anda pelajari/baca serta ambil informasinya jika menurut anda penting atau perlu. mudah-mudahan isi postingan Artikel atau informasi Tentang Sholat, yang kami sajikan atau berikan ini dapat anda pahami dan ambil manfaatnya. langsung ke tkp ya, selamat membaca.

Judul : MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT
link : MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT

Baca juga


MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT



MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT

Disamping bacaan shalawat seperti tersebut di atas, masih ada beberapa bacaan shalawat yang diajarkan nabi tetapi kitab Himpunan Putusan Majlis Tarjih Muhammadiyah tidak memuatnya, yaitu antara lain:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini berdasar hadis nabi saw dari sahabat Abu Humaid as-Sa’idiy dengan sanad yang sahih dan diriwayatkan oleh Bukhari (Shahih, Ahadis al-Anbiya’: 3118; ad-Da’wat: 5883), Muslim (Shahih, al-Shalat: 615), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1277), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 831), Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 22494), dan imam Malik (Muwaththa’, al-Nida’ lish shalat: 357)
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis nabi saw dari Abu Humaid as-Sa’idiy yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dalam kitab Sunannya (Iqamat al-Shalat: 895) dengan sanad berkualitas hasan.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis riwayat Ka’b bin ‘Ujrah yang diriwayatkan oleh Bukhari (Shahih, Tafsir al-Qur’an: 4423; al-Da’wat: 5880), Muslim (Shahih, al-Shalat: 614), Nasaiy (Sunan, al-Shalat: 1270; al-Sahwi: 1272), Ibn Majah (Sunan, Iqamat al-Shalat: 894), Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 17409), dan ad-Darimiy (Sunan, al-Shalat: 1308). Hadis yang menjadi sumber bacaan shalawat ini memiliki sanad yang berkualitas shahih.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Sumber bacaan ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam kitab Sunannya (al-Shalat: 445) dan Ahmad ibn Hanbal dalam kitab Musnadnya (17425). Tirmidzi menyatakan bahwa hadis ini berkualitas hasan shahih.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis nabi saw dari Ka’ab bin ‘Ujrah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab Sunannya (al-Shalat: 830) dengan sanad berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ
Bacaan ini bersumber pada hadis Nabi saw dari Abu Sa’id al-Khudriy yang diriwayatkan oleh al-Bukhariy (Shahih, al-Da’wat: 5881; Tafsir al-Qur’an: 4424), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1273), Ibn Majah (Sunan: Iqamat al-Shalat: 893), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 11009). Hadis yang menjadi sumber bacaan ini adalah hadis yang berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis Nabi saw melalui Abu Mas’ud al-Anshariy yang diriwayatkan oleh Muslim (Shahih, al-Shalat: 613), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1268), dan imam Malik (Muwaththa’, al-Nida’ li al-Shalat: 358). Hadis yang jadi sumber bacaan ini berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis Nabi melalui Abu Mas’ud al-Anshariy yang diriwayatkan oleh Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 16455) dengan sanad berkualitas sahih.

34.b. Pada Said ibn Mansur dan Abu Bakar ibn Abi Syaibah dengan sanad sahih sampai kepada Abu al-Ahwash berkata, Berkata Abdullah:

قال عبد الله :   يتشهد  الرجل ثم   يصلي  على النبي  صلى الله عليه وسلم ثم   يدعو  لنفسه

 “Supaya orang itu membaca tasyahhud (dalam shalatnya), lalu membaca shalawat kepada Nabi saw kemudian berdoa untuk dirinya”.

‘Abdullah dalam hadis di atas sedang menjelaskan cara shalat Nabi saw. Hadis ini diriwayatkan oleh al-Hakim (al-Mustadrak ‘ala al-Shahihayn, I: 401), al-Baihakiy (Sunan al-Kubra, 2: 153),  dan Ibn Abi Syaibah (Mushannaf ibn Abi Syaibah, 1: 264). Hadis ini juga dinukilkan oleh Ibn Hajar al-‘Asqalaniy (Fath al-Bariy, 2: 321; 11: 164), dan Abdurrauf al-Manawiy (Faidh al-Qadir, 1: 389). Hadis ini menurut al-Hakim dan Ibn Hajar al-‘Asqalaniy berkualitas shahih.


35.a. Hadis nabi dari Ibn Mas’ud ra.:

Ibn Mas’ud berkata, bahwa Rasulullah jika duduk dalam dua rakaat yang pertama seolah-olah ia duduk di atas batu yang panas, hingga segera berdiri”.
 35.a.  Hadis Nabi saw dari Ibn Mas’ud ra:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ َقَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَعَدْتُمْ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَقُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَلْيَتَخَيَّرْ أَحَدُكُمْ مِنْ الدُّعَاءِ أَعْجَبَهُ إِلَيْهِ فَلْيَدْعُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ
Ibn Mas’ud berkata, Rasulullah saw bersabda, “Bila kamu duduk dalam tiap-tiap dua rakaat, bacalah: ““Attahiyya-tu lilla-h washshalawa-tu waththayyiba-t, assalaa-mu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatulla-hi wa baraka-tuh. Assala-mu ‘alaina- wa ‘ala- ‘iba-dilla-hish sha-lihi-n. Asyhadu alla- ila-ha illalla-h wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu- wa rasu-luh”, lalu pilihlah do’a yang disukai, dan berdoalah dengan itu kepada Tuhannya”.

Sumber dan nilai hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Nasaiy dalam kitab Sunannya (al-Tathbiq: 1151; al-Sahwi: 1281), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 3945) dengan sanad yang sahih.
Disamping hadis tersebut ada juga hadis lain yang menyuruh untuk berdoa apa saja setelah membaca shalawat, tanpa penjelasan tiap-tiap dua rakaat. Hadis tersebut diriwayatkan antara lain oleh: Bukhariy (Shahih, al-Adzan: 791; al-Da’wat: 5853), Abu Dawud (Sunan,al-Shalat: 825), Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 3439, 3724, 3858, 3892), dan ad-Darimiy (Sunan, al-Shalat: 1306) dengan sanad yang sahih.

35.b. Hadis nabi dari Ibn Mas’ud ra.:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ كَأَنَّهُ عَلَى الرَّضْفِ
Ibn Mas’ud berkata, bahwa Rasulullah jika duduk dalam dua rakaat yang pertama seolah-olah ia duduk di atas batu yang panas )hingga segera berdiri(”.

Sumber dan kesahihan hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Tirmidzi (Sunan, al-Shalat: 334), Nasaiy (Sunan, al-Tathbiq, 1163), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 844), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 3474, 3700, 3864, 3940, 4157). Disamping itu, hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Hakim (al-Mustadrak ‘ala al-Sahihayn, 1: 402), al-Syafi’I (Musnad al-Syafi’I, 1: 43), Ibn Abi Syaibah (Mushannaf, 1: 263), Abu Sa’id al-Haitsami ibn Kulaib al-Syasyiy (Musnad al-Syasyiy, 2: 232-233), Tabrani (al-Mu’jam al-Ausath, 5: 201, al-Mu’jam al-Kabir, 10: 151), Thayyalisi (Musnad, 1: 44), Abu Ya’la (Musnad, 9: 149), al-Ja’diy (Musnad, 1: 234), dan Abu Nu’aim al-Asbahaniy (Hilyatul Auliya’, 4: 207).

Semua jalur sanad tersebut melewati Abu ‘Ubaidah ‘Amir ibn Abdullah ibn Mas’ud yang meriwayatkan hadis dari bapaknya, ‘Abdullah ibn Mas’ud. Menurut Tirmidzi, ibn Hajar al-‘Asqalaniy dan Umar ibn ‘Ali ibn al-Mulaqqin al-Anshariy, sanad antara Abu ‘Ubaidah dengan Abdullah ibn Mas’ud ini terputus, karena Abu ‘Ubaidah tidak belajar satu hadispun dari Abdullah ibn Mas’ud (Sunan al-Tirmidzi, al-Shalat: 334; Talkhis al-Habir, 1: 263; Khulashah Badr al-Munir, 1: 140). Keterputusan sanad ini, dan tidak didukung oleh mutabi’ menyebabkan hadis ini berkualitas dha’if dan tidak dapat dipergunakan sebagai hujjah. Walla-hu a’lam bish shawab.



Sumber: 
Suara Muhammadiyah
Edisi 20-02



MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT

demikian berita atau artikel MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT kali ini, semoga dapat memberi manfaat dan informasi untuk para netter semua. terimakaish sudah berkunjung di blog kami, jangan lupa berkunjung lagi di blog kami ya, sampai jumpa di postingan artikel dan berita lainnya.

Anda sedang membuka dan membaca artikel atau berita MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT dengan alamat link https://kambbo-islam.blogspot.com/2012/11/macam-macam-bacaan-shalawat.html

0 comments

Post a Comment