Judul : MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT
link : MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT
MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT
Disamping bacaan shalawat seperti tersebut di atas, masih
ada beberapa bacaan shalawat yang diajarkan nabi tetapi kitab Himpunan Putusan
Majlis Tarjih Muhammadiyah tidak memuatnya, yaitu antara lain:
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
berdasar hadis nabi saw dari sahabat Abu Humaid as-Sa’idiy dengan sanad yang
sahih dan diriwayatkan oleh Bukhari (Shahih, Ahadis al-Anbiya’: 3118;
ad-Da’wat: 5883), Muslim (Shahih, al-Shalat: 615), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi:
1277), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 831), Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad:
22494), dan imam Malik (Muwaththa’, al-Nida’ lish shalat: 357)
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis nabi saw dari Abu Humaid
as-Sa’idiy yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dalam kitab Sunannya (Iqamat
al-Shalat: 895) dengan sanad berkualitas hasan.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى
آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis riwayat Ka’b bin ‘Ujrah
yang diriwayatkan oleh Bukhari (Shahih, Tafsir al-Qur’an: 4423; al-Da’wat:
5880), Muslim (Shahih, al-Shalat: 614), Nasaiy (Sunan, al-Shalat: 1270;
al-Sahwi: 1272), Ibn Majah (Sunan, Iqamat al-Shalat: 894), Ahmad ibn Hanbal
(Musnad: 17409), dan ad-Darimiy (Sunan, al-Shalat: 1308). Hadis yang menjadi
sumber bacaan shalawat ini memiliki sanad yang berkualitas shahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ
إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Sumber bacaan ini
adalah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam kitab Sunannya (al-Shalat:
445) dan Ahmad ibn Hanbal dalam kitab Musnadnya (17425). Tirmidzi menyatakan
bahwa hadis ini berkualitas hasan shahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ
حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
bersumber dari hadis nabi saw dari Ka’ab bin ‘Ujrah yang diriwayatkan oleh Abu
Dawud dalam kitab Sunannya (al-Shalat: 830) dengan sanad berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ
Bacaan ini bersumber pada hadis Nabi saw dari Abu Sa’id
al-Khudriy yang diriwayatkan oleh al-Bukhariy (Shahih, al-Da’wat: 5881; Tafsir
al-Qur’an: 4424), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1273), Ibn Majah (Sunan: Iqamat
al-Shalat: 893), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 11009). Hadis yang menjadi
sumber bacaan ini adalah hadis yang berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ
عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
bersumber dari hadis Nabi saw melalui Abu Mas’ud al-Anshariy yang diriwayatkan
oleh Muslim (Shahih, al-Shalat: 613), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1268), dan imam
Malik (Muwaththa’, al-Nida’ li al-Shalat: 358). Hadis yang jadi sumber bacaan
ini berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ
النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
bersumber dari hadis Nabi melalui Abu Mas’ud al-Anshariy yang diriwayatkan oleh
Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 16455) dengan sanad berkualitas sahih.
34.b. Pada Said ibn Mansur dan Abu Bakar ibn Abi Syaibah
dengan sanad sahih sampai kepada Abu al-Ahwash berkata, Berkata Abdullah:
قال
عبد الله : يتشهد الرجل ثم
يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم ثم يدعو
لنفسه
“Supaya orang itu
membaca tasyahhud (dalam shalatnya), lalu membaca shalawat kepada Nabi saw
kemudian berdoa untuk dirinya”.
‘Abdullah dalam hadis di atas sedang menjelaskan cara
shalat Nabi saw. Hadis ini diriwayatkan oleh al-Hakim (al-Mustadrak ‘ala
al-Shahihayn, I: 401), al-Baihakiy (Sunan al-Kubra, 2: 153), dan Ibn Abi Syaibah (Mushannaf ibn Abi Syaibah,
1: 264). Hadis ini juga dinukilkan oleh Ibn Hajar al-‘Asqalaniy (Fath al-Bariy,
2: 321; 11: 164), dan Abdurrauf al-Manawiy (Faidh al-Qadir, 1: 389). Hadis ini
menurut al-Hakim dan Ibn Hajar al-‘Asqalaniy berkualitas shahih.
35.a. Hadis nabi dari Ibn Mas’ud ra.:
Ibn Mas’ud berkata, bahwa Rasulullah jika duduk dalam dua
rakaat yang pertama seolah-olah ia duduk di atas batu yang panas, hingga segera
berdiri”.
35.a. Hadis Nabi saw dari Ibn Mas’ud ra:
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ قَالَ َقَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا قَعَدْتُمْ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَقُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ
وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَلْيَتَخَيَّرْ أَحَدُكُمْ مِنْ الدُّعَاءِ
أَعْجَبَهُ إِلَيْهِ فَلْيَدْعُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ
Ibn Mas’ud berkata, Rasulullah saw bersabda, “Bila kamu
duduk dalam tiap-tiap dua rakaat, bacalah: ““Attahiyya-tu lilla-h
washshalawa-tu waththayyiba-t, assalaa-mu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa
rahmatulla-hi wa baraka-tuh. Assala-mu ‘alaina- wa ‘ala- ‘iba-dilla-hish
sha-lihi-n. Asyhadu alla- ila-ha illalla-h wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu-
wa rasu-luh”, lalu pilihlah do’a yang disukai, dan berdoalah dengan itu kepada
Tuhannya”.
Sumber dan nilai hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Nasaiy dalam kitab Sunannya
(al-Tathbiq: 1151; al-Sahwi: 1281), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 3945)
dengan sanad yang sahih.
Disamping hadis tersebut ada juga hadis lain yang
menyuruh untuk berdoa apa saja setelah membaca shalawat, tanpa penjelasan
tiap-tiap dua rakaat. Hadis tersebut diriwayatkan antara lain oleh: Bukhariy
(Shahih, al-Adzan: 791; al-Da’wat: 5853), Abu Dawud (Sunan,al-Shalat: 825),
Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 3439, 3724, 3858, 3892), dan ad-Darimiy (Sunan,
al-Shalat: 1306) dengan sanad yang sahih.
35.b. Hadis nabi dari Ibn Mas’ud ra.:
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ كَأَنَّهُ
عَلَى الرَّضْفِ
Ibn Mas’ud berkata, bahwa Rasulullah jika duduk dalam dua
rakaat yang pertama seolah-olah ia duduk di atas batu yang panas )hingga segera
berdiri(”.
Sumber dan kesahihan hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Tirmidzi (Sunan, al-Shalat:
334), Nasaiy (Sunan, al-Tathbiq, 1163), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 844), dan
Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 3474, 3700, 3864, 3940, 4157). Disamping itu,
hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Hakim (al-Mustadrak ‘ala al-Sahihayn, 1:
402), al-Syafi’I (Musnad al-Syafi’I, 1: 43), Ibn Abi Syaibah (Mushannaf, 1:
263), Abu Sa’id al-Haitsami ibn Kulaib al-Syasyiy (Musnad al-Syasyiy, 2:
232-233), Tabrani (al-Mu’jam al-Ausath, 5: 201, al-Mu’jam al-Kabir, 10: 151),
Thayyalisi (Musnad, 1: 44), Abu Ya’la (Musnad, 9: 149), al-Ja’diy (Musnad, 1:
234), dan Abu Nu’aim al-Asbahaniy (Hilyatul Auliya’, 4: 207).
Semua jalur sanad tersebut melewati Abu ‘Ubaidah ‘Amir
ibn Abdullah ibn Mas’ud yang meriwayatkan hadis dari bapaknya, ‘Abdullah ibn
Mas’ud. Menurut Tirmidzi, ibn Hajar al-‘Asqalaniy dan Umar ibn ‘Ali ibn
al-Mulaqqin al-Anshariy, sanad antara Abu ‘Ubaidah dengan Abdullah ibn Mas’ud
ini terputus, karena Abu ‘Ubaidah tidak belajar satu hadispun dari Abdullah ibn
Mas’ud (Sunan al-Tirmidzi, al-Shalat: 334; Talkhis al-Habir, 1: 263; Khulashah
Badr al-Munir, 1: 140). Keterputusan sanad ini, dan tidak didukung oleh mutabi’
menyebabkan hadis ini berkualitas dha’if dan tidak dapat dipergunakan sebagai
hujjah. Walla-hu a’lam bish shawab.
Sumber:
Suara Muhammadiyah
Edisi 20-02
MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT
demikian berita atau artikel MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT kali ini, semoga dapat memberi manfaat dan informasi untuk para netter semua. terimakaish sudah berkunjung di blog kami, jangan lupa berkunjung lagi di blog kami ya, sampai jumpa di postingan artikel dan berita lainnya.
Anda sedang membuka dan membaca artikel atau berita MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT dengan alamat link https://kambbo-islam.blogspot.com/2012/11/macam-macam-bacaan-shalawat.html
0 comments
Post a Comment